Minggu, 02 Juli 2023

Kitty

Today, we mourned over another lost.


One thing I learned about mourning, crying is somewhat similar to coughing, once you let it slide, you can’t stop.




Sekitar 6 bulan lalu, kita decide untuk adopt French Bulldog, karena kita udah tinggal di rumah, dan bisa pelihara anjing. Medi dari dulu pengen banget pelihara anjing French Bulldog, jadi kita decide untuk adopt. Namanya Elmo, puppy masih umur 10 bulan.


Setelah pelihara Elmo, kita adopt anjing kedua namanya Kitty sekitar 3 -4 bulan yang lalu, supaya Elmo ada temen kalo kita tinggal di rumah sendirian. Gue sadar sekali pelihara anjing itu komitmen yang besar dan berat, ngabisin energi, uang dan waktu. Tapi gue sama Medi decide untuk coba dan jalanin komitmennya.


Kitty ini anjing French Bulldog indukan breeder yang udah dua kali lahiran (cesar). Jadi keliatannya si breeder ini udah mau pensiunin dia, umurnya juga udah lebih dari 5 tahun, gue baru tahu kalo indukan yang udah terlalu tua, perkin ga akan mau keluarin sertifikat untuk anaknya, intinya mungkin bagi si breeder, Kitty udah nggak ada value-nya lagi.


Awal kita adopt, malam pertama, dia hampir mati, ga berhenti panting dan ngos-ngosan, minum air banyak banget sampe muntah. Kita konsul ke breeder, “Oh itu kepanasan aja, gapapa dielus-elus aja. Excited aja dia seneng ke tempat baru.”




Kondisi Kitty di malam pertama

Video dari breeder, bukti di tempat dia Kitty fine-fine aja?


Di titik itu gue sadar, breeder ini emang ga peduli juga si Kitty kenapa yang penting lepas dari tangannya dia. (Btw, nama di aktanya Queety, tapi gue ngerasa itu nama ga fengshui nyebut pun susah, jadi kita ganti Kitty, berharap dengan perubahan nama ini dia bisa jadi lebih sehat dan happy).


Kita bener-bener mikir Kitty ga akan survive malam itu, karena lama-lama lidahnya biru. Gue langsung konsul ke HaloDoc, diagnosa heatstroke. Langsung beli tabung oksigen dan taruh dia di kamar AC. Kita kasih oksigen minum, dan kita tinggal di kamar bawah dengan AC yang nyala. Sepanjang malam deg-degan, ngebayangin akan ketemu mayatnya besok pagi.


Malam itu Medi pun udah mikir mau balikin Kitty ke breedernya, nggak balik duit udah gapapa, yang penting jangan sampe mati karena kita (asumsi dia mungkin stress di tempat baru).


Turns out, Kitty bisa bertahan malam itu.


Kitty bisa survive dan hidup sama kita dari momen itu sampe sekarang. Pas diliat kondisi Kitty juga banyak penyakit kulit, abses di sela-sela paw-nya, berdarah dan keliatan overweight.


Kita bawa ke vet, dikasih obat, terus dryfood yang kita kasih juga kualitasnya lebih bagus daripada yang dia makan waktu di breeder. Lama-lama Kitty keliatan makin sehat, meski sering kepanasan. Tadinya untuk jalan pun keliatan susah, karena sehari-harinya cuman di kandang, lama-lama mulai ketularan badungnya si Elmo.


Kita seneng banget waktu pertama kalinya Kitty naik ke kusen jendela untuk ngeliat kita berangkat kerja, karena awalnya jalan pun dia susah, sekarang udah bisa lincah manjat-manjat jendela. Kitty juga anjing yang baik banget. Badungnya dia sebatas -> kadang poop dan pipis di dalam rumah (oh sama lompat2 kalo kita pulang-ketularan Elmo).



Setiap hari kita juga udah mulai terbiasa denger suara ngoroknya Kitty, atau suara grok-groknya kalo lagi jalan dan lagi sadar (kata dokter karena dia anjing brachycephalic jadi itu wajar). 


Beberapa hari ini, dia nggak mau makan sama sekali. Gue pikir gara-gara sekarang kita convert makanan, si Kitty bosen dan nggak suka. Sebelumnya kita kasih Elmo dan Kitty proplan (sensitive skin digestion), kita mix sama daging sapi, sayur-sayuran dan hati sapi. Lama-lama kita convert full ke real food, terus karena si Elmo keliatannya alergi sapi, kita convert proteinnya jadi ikan kembung dan tempe. Awalnya Kitty doyan banget.


Beberapa hari terakhir dia bener-bener nggak mau nyentuh makanannya, lemes. Ini sebetulnya udah terjadi berkali-kali, biasanya bener-bener karena dia bosen, pas kita ganti makanannya dia mau makan lagi (Kitty picky eater, seperti frenchie kebanyakan).


Gue bener-bener masih mikir si Kitty emang bosen aja, jadi gue biarkan. Gue pancing pake telor rebus dan ayam rebus, beberapa kali dia mau makan, makin yakinlah gue bahwa dia emang bosen. Tapi lama-lama meski udah gue siapin ayam rebus, lagi-lagi dia nggak mau makan.


Lalu kita mulai notice ada cairan yang keluar dari kelaminnya, warna coklat/hijau? Terus dia sering diam bengong, pandangan kosong. Gue masih mikir Kitty depresi, atau dementia karena dia juga udah tua. Tapi karena ada cairan keluar itu gue coba searching di google soal kemungkinan penyakitnya, lalu kita diperkenalkan dengan istilah : pyometra. Ada dua jenis, close dan open. Open lebih mudah didiagnosa karena anjing betina akan mengeluarkan cairan warna keruh dari kelaminnya.


Semua gejala dan profilnya cocok banget sama si Kitty ; umur senior, belum di steril, baru mengalami birahi.


Kita langsung bawa Kitty ke dokter. Confirmed. Kitty suspect diagnosa open pyometra.


Kita dirujuk ke vet yang lebih besar dan fasilitasnya lebih lengkap, karena di vet itu Kitty dibius pake anestesi suntik, sedangkan akan lebih aman kalau dia bius inhalasi. Harus dilakukan tindakan besar -> operasi. Basically, sama kaya steril karena rahimnya harus diangkat, tapi pada saat anjing kena pyometra, dia akan mengalami pembesaran di uterus dan rahim karena ada nanah di dalamnya. Jadi area yang dibuka harus lebih besar.


Gue nanya ke vet rujukan terkait biaya dan lainnya, waktu diinfo soal biaya, jujur gue merasa biayanya gede banget. Akhirnya gue coba cari pembanding yang lebih murah, pada saat itu gue mikir -> Kitty udah cesar dua kali, masa sih anestesi suntik aja nggak bisa?


Intinya kita datanglah ke vet yang lebih murah ini. Masalahnya dokternya mencurigakan banget, masa dari awal wanti-wanti soal resiko kematian sampe 3-4x? Dari percaya gue lama-lama jadi kesel, “Ini kenapa ya kalian daritadi bilang anjing saya pasti mati?”


Gue nengok ke Medi, “Gimana, terserah lu deh mau operasi di sini?”


Medi nengok ke dokternya dan (entah, kayanya) asisten dokternya, cowo, nyolot. Mereka debat. 


“Iya, kalian kan udah jelasin kalau ada resiko untuk anjing kita, cuman sebagai dokternya nih, kita butuh kepastian, harus gimana, rekomendasinya apa?”


“Ya kita terserah kakaknya aja sih, kalau mau dioperasi di sini dengan segala keterbatasannya ya silakan.”


“Lah, kok terserah kita? Kita ya maunya anjing kita nggak kenapa-kenapa donk?”


Terus gue nyeletuk lagi, “GImana masa dari awal udah dipastiin anjingnya bakal mati sih? Seolah-olah kalian akan lepas tangan gitu kalo sampe anjing kita kenapa-napa, kesannya kaya kalian akan operasi dengan asal-asalan gitu.” 


“Loh, kita nggak bilang gitu ya kak.”


Intinya debat kusir ga penting.


Detik itu kita langsung cabut, dan kita putusin untuk ikut rekomendasi vet yang awal, yang paling mahal, dengan bius inhalasi. Karena beda sejuta dua juta, tapi kalo ada resiko si Kitty mati yaudah bukan pilihan lagi.


Gue merasa tenang sekali waktu ketemu dokternya, dijelasin secara detail, dan bahkan dokternya rekomendasiin kita untuk cek lab, dan rontgen untuk pastiin kondisi fisik Kitty kaya gimana. Apakah fit untuk operasi dan sebagainya, rasa aman kaya gini yang kita cari. Setelah dicek semua kondisi normal dan bagus untuk lanjut operasi.


Gue ngerasa tenang dan yakin Kitty pasti akan sembuh, kita udah rencanain si Kitty buat tidur di kamar tamu bawah selama masa pemulihan supaya nggak digangguin si Elmo dan sebagainya. Setelah satu dua jam kita nunggu, kita putusin untuk ke coffee shop, sampe nanti operasinya selesai.








Jujur sampe detik ini yang kebayang di gue adalah memori terakhir waktu Kitty mau kita tinggal, dia sempet lari dan berusaha kabur dari ruang dokter untuk ngejar kita. Gue yang pada saat itu ngerasa Kitty akan baik-baik aja, cuek dan ninggalin dia. If only I knew…


Kita baru beberapa menit duduk di coffee shop tiba-tiba dapet WA dari vet, operasi sudah selesai, tapi jantungnya melemah. Gue bener-bener nggak mikir Kitty akan kenapa-kenapa. Karena dibilang dokternya lagi mengusahakan. Gue pikir, yaudahlah, kebetulan aja.


Lalu kita dikirimin video Kitty di-CPR sama dokternya dan dadanya diteken-teken. Masih mikir Kitty nggak akan kenapa-napa.





Lalu akhirnya mereka bilang, mereka nggak bisa selametin Kitty. Medi nangis di coffee shop.


Gue masih mikir Kitty bisa hidup lagi. Karena nggak mungkin??


Semua tesnya normal, Kitty keliatan sehat, kita kasih dia makanan yang sehat selama dia tinggal sama kita. Kenapa tiba-tiba jantungnya lemah?


Dan gue nggak nangis, gue cuman mikir kenapa, apa yang salah? Gue salah dimana?


Di sisi lain, gue juga sadar, crying is somewhat similar to coughing, once you let it slide, you can’t stop.


Gue diem aja, gue usap-usap Medi yang mulai nangis tersedu. Masih mikir, jujur masih mikir pas kita datang Kitty bakal hidup lagi.


Kemudian gue inget momen tadi sebelum gue pergi ninggalin si Kitty, dia sempet lari berusaha ngejar gue. Tapi gue cuekin, di momen itu gue nggak bisa nahan lagi, gue nangis.


Kita balik ke vet, dan naik ke ruangan operasi, Kitty udah ditutup underpad. Gue liat Kitty tidur aja kaya biasa, tidur nyamping. Bener-bener posisi tidur dia yang biasanya. Mungkin nggak sih dia cuman tidur?


“Saya minta maaf banget ya Kak, kita udah berusaha tapi nggak bisa nyelametin Kitty. Selama proses operasi bener-bener lancar, nggak ada isu, sampe kita tutup jaitannya, tiba-tiba jantungnya melemah, tadi udah kita coba kasih obat penggerak jantung, kita CPR, tapi nggak bisa.


“Operasi juga tadi berjalan lancar, nggak ada pendarahan, dia juga baik banget selama proses kita mau bius, diem aja, nurut.”


Gue gabisa nahan nangis lagi dengernya, karena Kitty memang begitu, nggak pernah nyusahin. Selama hidup sama kita, juga nggak pernah sekalipun dia nyusahin kita. Anjing baik.


Lagi-lagi gue dan Medi nggak bisa berhenti nangis, sampe proses Kitty dikafanin sama pihak vet. Kita putusin untuk bawa Kitty ke tempat kremasi -> Rainbow Bridge di Depok. Jasad Kitty kita bawa ke Cinere. 


Sepanjang jalan di dalam mobil gue nggak bisa berhenti mikirin dimana letak kesalahan gue, kenapa tiba–tiba jadi kaya gini padahal gue bener-bener mikir akan balik dari coffee shop ngeliat Kitty yang lemes dijait tapi kita akan bisa jemput dia lagi 3 hari setelahnya untuk pulang ke rumah. Kenapa sekarang plan-nya beda, kenapa kita malah ke tempat kremasi?


Gue mulai mikirin kemungkinan-kemungkinan lain seandainya gue nggak ngelakuin ini :


  • Nunda steril Kitty sejak awal kita adopt dia, pyometra ini terjadi sama anjing yang nggak disteril.
  • Kemungkinan Kitty gagal jantung waktu proses operasi, dan gue nggak lakuin full check up dari awal adopt Kitty, nggak aware bahwa kemungkinan sakit jantung ini ada -> overheat, excessive panting, etc.
  • Gue juga mulai mikirin kemungkinan-kemungkinan yang nggak masuk akal. Gue nyesel banget sejak awal tau Kitty didiagnosa open pyometra dan tau harus operasi, gue ngeluh berkali-kali kalo ini tuh mahal, kita jadi keluar duit gede, anjing sakit bikin susah aja. Gue mulai mikir apa Kitty mati karena lagi-lagi, nggak mau nyusahin gue? Karena dia emang nggak pernah nyusahin kita?
  • Mungkin karena kita tinggal pergi dia ke coffee shop waktu dia lagi operasi? Kitty tau dia ditinggal? Apa mungkin bakal beda kalo kita nungguin dia selama dia operasi?
  • Kitty udah cesar 2 kali selama hidupnya, apa mungkin sebenernya Kitty udah nggak kuat untuk ngejalanin operasi lagi? Kenapa kita harus putusin untuk operasi kalo resikonya memang segede ini? Mungkin kalo kita treat dengan obat aja Kitty masih bisa survive dan pulih.


Setelah sampai di Rainbow Bridge (yang sebenarnya mereka udah tutup tapi jadi ngelayanin kita), mereka siapin meja untuk taruh jasadnya Kitty. Lagi-lagi gue masih mikir ini apa dia cuman tidur ya? Bener-bener kaya dia lagi tidur biasa, meski semua badannya udah dingin.







Gue bilang sorry ke Kitty karena alasan-alasan di atas tadi, gue bilang sorry karena sempet keberatan masalah biaya operasinya, sorry kalo gue ada salah marah-marah selama dia tinggal sama kita, nggak bisa jadi owner yang baik buat Kitty.


Kita foto-foto sebentar, dan waktu udah mau selesai, ketemu sama owner Rainbow Bridge, jadi ngobrol sebentar sama si kakak ini.


Ditanya matinya kenapa, dll. Waktu gue sebut pyometra dia langsung, “Oh, pyometra?”


Ternyata beliau eks-team Pejaten Shelter, tapi sekarang fokus buka usaha sendiri. Udah banyak kasus yang dia temuin soal anjing betina yang kena pyometra karena nggak disteril. Jujur gue pikir tujuan steril cuman supaya anjing ga bereproduksi dan bikin shelter-shelter makin penuh karena anjing yang dibuang. Ternyata steril juga mengurangi resiko penyakit bahaya kaya kanker, dll. Termasuk pyometra ini.


Gue bilang, “Kita baru adopt Kitty 3-4 bulanan ini sih, Kak. Cuman jadi nyesel juga karena nunda-nunda steril dan nggak full check-up waktu awal adopt. Akhirnya jadi kaya gini.”


“Enggak, kok. Lu pada masih mending, ada kok temen gue yang adopt anjing cuman seminggu dua minggu lewat, nggak bisa pelihara. Lu ada 3-4 bulan rawat dia kan. Emang udah waktunya aja. Pyometranya gede nggak?”


Gue kasih tunjuk foto dari dokter, “Loh ini sih nggak mungkin baru penyakitnya. Udah segede gini kemungkinan udah lama, ini mah dari breeder-nya udah sakit. Cuman elu yang kena.”


Medi jelasin kalo anjing ini udah dua tahun memang ga reproduksi lagi, lalu si kakak ini makin meyakinkan kalo kemungkinan sakitnya sejak sebelum kita adopt.


Entah bener, atau si kakak ini emang cuman mau ngilangin rasa bersalah kita aja.


“Udah ga usah ngerasa bersalah atau mikir karena elu. Emang udah waktunya juga, kita nggak bisa ngomong. Ada kok anjing yang udah disuntik mati, taunya masih lari-lari. Ya emang belum waktunya aja.”


Si Medi keliatan lebih lega, sih, setelah denger penjelasan si kakaknya tadi, terus dia berkali-kali bilang ke gue, “Yaudahlah, Mbul, kita udah kasih dia yang terbaik, kita bawa ke vet yang paling mahal yang direkomendasiin.”


Btw, Rainbow Bridge ini punya beberapa anjing rescue yang mereka pelihara, sebagian limpahan dari Pejaten Shelter. Lucunya anjing-anjing ini nggak mau dideketin kita, karena asing, dan keliatan defensif pas mau dipegang, tapi waktu kita nangisin Kitty, tiba-tiba anjing-anjing ini ngedeket semua. Kaya tau kalo kita emang lagi sedih.


Gue kira emang anjing buat emotional support karena orang yang dateng ke sini pasti orang yang lagi berduka semua. Ternyata kebetulan?


Setelah dari situ kita pulang, sedih banget ngebayangin Elmo harus sendirian lagi.


Medi bilang pas kita udah duduk di dapur, “Elmo nyariin Kitty dut, lu nyadar ga sih, kalo tiap pulang kita buka kandangnya dia, dia nggak pernah nyamperin kita, dia selalu nyamperin Kitty dulu baru ke kita?”


Lalu saya menangis lagi.


Oh, sebetulnya gue juga sadar waktu bokap gue meninggal, hal paling menyedihkan waktu lo ditinggal pergi hewan atau orang yang lo sayang banget, adalah benda-benda yang masih ada di rumah yang sering dipake sama mereka, yang seolah-olah mereka masih ada dan masih bisa pake itu, tapi lo juga sadar merekanya udah nggak ada lagi.


Buat gue, ini salah satunya :





Ini bukan spot makan Kitty yang biasanya, tapi karena malam terakhir kita kasih dia makan, dia tidur di deket pintu dan deket spot ini dan keliatan lemes untuk jalan jauh ke dapur, jadi kita geser tempat makannya ke sini.


Gue lagi-lagi ngerasa bersalah karena malam itu, gue nggak tau Kitty nggak akan bisa sama kita lagi besoknya, setelah gue taruh makannnya di situ, gue balik ke dapur, tutup pintu sliding (supaya Elmo ga bisa masuk ke rumah dan gangguin Kitty makan), dan gue tinggal. Gue bahkan nggak nemenin dia atau kasih perhatian lebih di malam terakhir dia sama kita.


Tbh, gue sadar 3-4 bulan bukan waktu yang lama gue spend waktu sama Kitty, maksudnya, 3-4 bulan doank kenapa gue sedih sampe segininya, tapi anehnya, gue dan Medi ngerasa Kitty udah sama kita lama banget. Sampe kita nggak sadar dan kaget pas recall momen-momen waktu kita jalan sama Elmo (ke Inganan Park, the Breeze BSD), itu Kitty belum sama kita. Gue sedih banget belum sempet ajak Kitty jalan-jalan ke banyak tempat, paling jauh cuman ke Puncak sama keluarganya Medi.


Villa Puncak

Villa Puncak



Kitty anjing favorit mamaknya Medi (pas ke coffee shop yang dog friendly di Cibubur)


Gue rasa, malam ini udah harusnya gue ikhlasin kalo Kitty emang udah nggak mungkin hidup lagi. Kalopun gue bisa jalanin ritual terus Kitty hidup lagi (iya, gue sempet pertimbangin soal ini, karena mungkin bisa?), pun serem banget. Jadi yaudah, emang udah nggak berjodoh lagi sama Kitty.


Mungkin emang yang terbaik buat Kitty, nggak sakit lagi, nggak sengsara lagi. Emang udah terlalu capek Kitty jalanin hidup yang sekarang. Gue berharap Kitty tenang sekarang, dan mungkin, momen sama kita jadi satu momen yang nyenengin dalam hidupnya dia, bisa lari-lari bebas nggak harus di kandang, disayang, dipeluk, dan bisa makan proplan, daging sapi dan ikan kembung (kaya akan vitamin).


Tbh, kalimat, “Anjing itu cuman bagian dari hidup kita, tapi kita itu seluruh hidupnya dia.” jadi makin bermakna buat gue. Karena, gue memang ngeliat Elmo dan Kitty jadi satu aspek aja di hidup gue, nggak pernah kasih perhatian penuh ke mereka, sementara mereka sebaliknya.
















Balkon lantai 2, ternyata Kitty seneng banget d situ

Foto yang akan kita pasang di gucci abu Kitty


Tidak ada komentar: