Sabtu, 24 Juni 2023

Cina yang Hilang

 Kelamaan tinggal di Jaksel, gue ngerasa cina gue makin ilang. Sekarang gue tinggal di Depok, makin-makin gue ngerasa cina gue mulai ilang sepenuhnya.


Jadi gini, berdasarkan shio dan tanggal lahir gue, secara fengshui gue memang lebih hoki di arah Timur dan Selatan. Contoh, kalo gue beli rumah, posisi untuk hal-hal krusial seperti arah pintu utama, arah pintu kamar, arah kepala gue tidur, itu harus ke arah yang secara fengshui memang sesuai sama elemen tubuh gue. 


Iya, untuk bagian ini cina gue belom ilang. Emak gue punya buku tebel banget, buat assess pacar-pacar enci engko gue yang dibawa ke rumah, itu apakah cocok secara fengshui. Nasib dan masa depan kita juga ada di buku itu, kata-katanya kayak puisi, jadi lo mesti interpret sendiri artinya apa. Keluarga gue cina + buddha. Jadi sebetulnya, gue hidup dan tumbuh besar di lingkungan yang “cina” sekali -> pacinko.


Intinya, gue merasa gue memang cocok dan lebih happy tinggal di daerah Selatan/Timur. Depok kan juga ada di Selatan Jakarta.


Emak gue sering bilang gini, “Udah lu cari rumah di Serpong aja, naiknya cepet kata temen mama. Anaknya si Om Andre tuh, beli rumah cuman satu m, sekarang udah naik berapa tuh.” Hft. gue kan orang properti, tapi emak gue keliatannya ngerasa “kata temen mama” itu lebih legit daripada “kata gue”. 


Nah anyway, meski gue juga nggak mau beli rumah, rasanya gue pun kalo beli rumah nggak akan mau di daerah Serpong karena -> dia ada di Barat Jakarta.


BTW! Gue kan sempet cerita gue pernah impulsif tanda jadi rumah di salah satu proyek Ciputra yang jauhnya masyawlaaaahhhhhh! GA TAU KENAPA GUE BODOH BANGET! - tbh gaes, menurut gue untuk jangka panjang harga di situ bisa naik lumayan karena akan ada JORR 2, terus pengembangnya Ciputra. Cuman jangka panjang ini agak nggak terdefine sih “sepanjang” apa. Intinya gue ngerasa kok gue bodoh banget, kerja di properti bisa beli rumah di situ, gue kepincut pas survey malam langitnya masih ada bintang terus dinginnya kaya di puncak -> suasananya bagus banget buat nulis HAHAHAHA.


Nah, salah satu alasan kenapa gue akhirnya ragu buat lanjutin, selain karena setelah tanda jadi gue baru ngerasa ini proyek surem banget, kok bisa2nya gue kepincut. Alasan lainnya adalah, setelah gue teliti lagi, arah rumahnya ini ke Timur Laut -> bad luck.


For context :


1 ; THE WHY 2 ; Shio dan elemen diri gue 3 ; arah yang direkomendasikan



Yang ijo berarti bagus, yang merah berarti jelek.


Pokoknya intinya, gue merasa lebih happy tinggal di area Selatan/Timur Jakarta (ini menjadi penting karena pusat aktivitas gue masih di Jakarta, jadi gue mengacu dari Jakarta. Karena kalo diliat dari peta, ya sebenernya Depok bukan ada di Selatan Pulau Jawa?)


Nah, jadi gue mulai nyadar hilangnya karakteristik gue ini, karena beberapa alasan :


Semua nasi campur enak


Ini krusial ges, karena pacinko bisa bedain mana nasi campur enak, mana yang enggak. Mana bakmi yang enak, mana yang enggak. Kaya enci gue tuh suka, “Lu beli kwetiaw jangkung aja, kwetiaw yanto udah ga enak sekarang.” Padahal si jangkung ama si yanto kalo gue rasa-rasa sekarang, RASANYA SAMA AJA!


Standar gue akhirnya cuman sampe di kwetiaw aciap??! Yang mungkin kalo enci-enci gue nyobain kwetiaw aciap disumpah-sumpahin?


Sekarang, yang penting bisa makan nasi campur babi aja gue udah seneng banget, bisa makan bakmi kepiting pontianak aja rasanya udah enak banget. Ga peduli beli dimana. SAKING SUSAHNYA?!!! Gue nggak ngerti! Kenapa ga ada yang jualan makanan kaya gini di Tebet atau di Depok. Ingin cry…


Ga masalah harga


Relate ke poin pertama, karena gue susah banget cari bakmi babi atau nasi campur babi, gue sekarang ga peduli harga. Gue bahkan pernah beli nasi campur harga 70 ribu, saking kepengennya. Sementara lu kalo beli Yung-Yung jumbo cuman 40k. Kayanya kalo enci gue tau gue beli nasi campur seharga 70k gue dikata-katain sih.


Bubur Tiger


Yang terkenal di Senopati. Hmn. Gimana, ya. Enak, sih. Dan bisa makan bareng sama temen-temen non-cina elu, karena dia halal. cuman gimana, ya. Gue pernah makan bubur kamseng (ini tempat bubur rada aneh ya, gue makan jam 3 pagi, pake kaos ama celana pendek, terus yang dateng ke sini pada cantik ganteng banget full make-up, kalo kata si Harry itu abis pada pulang dugem di kota, biar sober lagi makan bubur).


Btw, telur pitan bubur tiger, so far belum ada yang ngalahin sih tbh. Kamseng juga belum bisa ngalahin pitannya.


Mulai ga mikir kalo spending duit


Ini bahaya banget. Gara-gara gue lagi keranjingan baca blog-blog lama gue, gue baru nyadar karakteristik yang nempel dan “gue banget” dari jaman dulu adalah -> gue medit. banget. banget.


Dulu, kalo gue diajak patungan sama anak kampus gitu, buset deh, gue ga ikhlasnya ngeluarin duit itu rasanya kaya, udah mo mati kalo sampe duit ini keluar dari kantong gue gitu. Jadi gue adalah orang pertama yang biasanya ngomong kalo ada pertanyaan, “Mo patungan berapa?”


“Ceban aja. kan dikali satu angkatan ada 25 orang, bisa kebeli kue breadtalk tuh (yang 10x20).”


Dulu juga, waktu jaman gue masih suka ke rumah Kak TJ bareng Utha, tiap malem pas kita pulang, jajanan yang bikin happy gampang banget -> beli chiki (in my case Qtela karena itu harganya paling murah), lalu tuang keju sevel sebanyak-banyaknya. Terus kita makan sepanjang perjalanan sampe belepotan. Happy banget.


Gue juga mendingan naik angkutan umum atau busway supaya murah kemana-mana. Sekarang manja banget, apa-apa gojek.


Mulai ga mikir promo


Karena, ribet! Pas gue udah mulai kerja, gue sering diocehin koko gue karena ga punya zomato gold.


“Lu ngapain makan di resto ga pake zomato gold? udah banyak duit lu emang. Lumayan dia promonya. Nih lu pake akun gua aja.”


Intinya kalo lo mau ngirit, lo harus mau ribet?


Kaya waktu itu, gue pernah makan Yoshinoya ama enci gue, terus jaman promo ovo dan gopay lagi banyak ya. Tapi biasa ada maksimal promo, jadi misal 30% tapi maks 20k. Nah, untuk memanfaatkan si promo itu, enci gue, beli TIGA KALI. Pake tiga akun yang berbeda, hape gue, enci gue sama enci gue satu lagi. Kebayang ga sih kita di kasir selama apa? Belom signal, belom masukin password, dll. AND WE DID THAT. Ga peduli antrian di belakang sepanjang apa.


Terus… ocha di yoshinoya itu gratis refill. Enci gue beli ocha satu gelas. oke lah, sharing gue pikir, ternyata pas kita udah duduk di meja, ENCI GUE NGELUARIN TUMBLR????


“Cia, lu isiin donk tumblr-nya pake ocha. diem-diem jangan ketauan embaknya.”


Astaghfirullahaladziiimmm.


Sepuluh ribu bukan ceban


Karena orang di sekitar gue ga ada yang ngerti.


Jujur, dulu gue ngerasa -> ceban, goceng, goban, cepeceng itu bahasa indonesia, means semua orang indonesia pasti ngerti artinya berapa. Ternyata enggak. Gue hidup terlalu lama dalam bubble cina gue, dan semua orang non-chinese di lingkungan gue biasanya JUGA NGERTI?!


“Eh, lu utang gocap ya jadinya.”


Orang/temen kantor suka ngerutin kening, “Gocap apa, sih?”


Akh.


“Lima puluh ribu.”


Sekarang, karena gue akhirnya sadar ga semua orang ngerti satuan uang dalam bahasa cina daerah ini, gue udah jarang banget pake bahasa itu. Gue bahkan mulai lupa. Kalo… 980 ribu, itu bahasa cina daerahnya apa? Kaupe (sembilan ratus) lalu.. 80 ribunya itu apa? ANJIR 80 RIBUNYA ITU APAA? 


Sekarang kalo enci gue cerita, “Ini temen gua beli harganya kaocapgo.” Gue diem terus mikir dulu kaocapgo itu berapa ges… cry.


Gue berusaha ajarin Medi ini biar kita bisa satu bahasa, gue bilang satuan puluhan itu “cap” kalo puluhan ribu itu “ban” kalo ratusan ribu itu “peceng”.


“Jadi dua ratus ribu itu berapa?”


“Nopeceng.” ceritanya gue udah ajarin angka 1 - 9.


“Betul. Nah jadi kalo 983 ribu itu bahasa cinanya apa?”


“Lu udah gila, ya? Bodo, ah. gue bukan cina. Pusing.”


Lu orang, gue orang


Tbh, gue juga baru ngerti kalo bahasa yang sering gue pake, mengganti kalian dengan -> lu orang, itu ternyata nggak common. Pas di kuliah si Thomas sering ngetawain, gara-gara gue suka refleks ngomong, “Eh, lu orang tugas udah dikerjain belom?”


“Lu orang, lu orang. Ya gua emang orang?”


“Maksud gua kalian.”


Terus diketawain sial.


Kayanya mungkin semester lima, gue udah ga pernah lagi ngomong, “lu orang, gua orang.”


Sama.. kalo mau ngomong “punya kita” itu suka gue balik jadi “kita punya”. Gue sempet mikir (ga tau bener nggak), kenapa orang cina suka ngomong kita punya, bukan sebaliknya, karena dalam bahasa mandarin, kepunyaan itu ditaruh di belakang subjek, jadi kalo diartiin secara harfiah ya memang jadi “gue punya” atau “kita punya”.


“Wo (saya) de (punya) yenjing (mata).. melihat anjing itu (gue ga bisa bahasa mandarin ya ges, tiga kata pertama aja yang w tau).” -> Jadinya, “saya punya mata melihat anjing itu” dan bukan “mata saya melihat anjing itu.” GITU LAH POKOKNYA.


Anyway, satu kejadian bikin gue sadar ini nggak common, karena waktu itu gue beli nasgor depan kampus, lama bener, gue samperin abangnya terus gue bilang, “Bang, saya punya nasgor udah belom?”


Ada yang nimpalin, “Punya saya kali, Mar.”


Hft.


***


Ini bener-bener jadi concern gue sih, karena gue baru sadar, sekarang gue mulai biasa melakukan hal-hal yang dulu anti banget dilakuin keluarga gue.


Tidak memanfaatkan promo (karena gue males ribet).

Willing untuk ikut patungan mahal kalo ada urusan kantor

Nggak bisa bedain bakmi enak ato enggak.


Gue baru bener-bener sadar ini, waktu gue ajak temen-temen di kantor gue sekarang kulineran di kerendang. Btw, kalo lo mau cari kuliner daerah kalimantan, bisa ke situ, banyak makanan khas pontianak/singkawang. Dan, gue itu orang pontianak, jadi dari kecil gue udah makan makanan pontianak karena tante-tante gue suka masak, jadi gue cukup familier gitu.


Karena kayanya -> gue yang ngajak dan gue cina, temen-temen gue ini menaruh harapan yang cukup besar di gue, kalau gue tau mana kedai yang enak dan mana yang enggak. DAN GUE HIDUP BERKEMBANG DI DAERAH INI.. Rumah gue kayak cuman 2 km dari this well known Kerendang Raya.


Nyatanya enggak. T.T


Gue jadi malu karena nggak bisa rekomendasiin mana yang enak.


Gue cuman tau Yung-Yung enak. Gue juga bahkan ga bisa bedain roti srikaya mana yang paling enak, apakah punya Tet Fai, Achin atau Ajun. Gue merasa, semuanya sama dan enak.


Somehow, gue juga baru menyadari, keluarga gue itu selalu menilai sesuatu dengan nanya harganya dulu. Misal, “Ce aku baru beli celana jeans, muat sih ukuran gede.”


“Lu beli berapa duit?”


“Dua ratus apa,ya?”


“Mahal amaaat! Lu beli dimana, nih gua ada toko online di FB jualan big size murah-murah.”


Semua hal yang lu beli, it has to be a good deal.


Terus, ini klimaks sih. Beberapa waktu lalu, enci gue beli kucing. Kucing ini keliatan stress terus, akhirnya pake animal communicator. 


Kata kucingnya : “Aku nggak suka kondisi rumah yang terlalu ribut, dan orang-orang di rumah ini sering sekali ngomongin uang. Aku pusing nggak ngerti.”


Gue merasa kucing ini beda budaya sama keluarga gue. Makanya dia pusing.


Dan sekarang, kalo gue lagi visit ke rumah enci gue di Jakarta Utara-2km dari kerendang itu, gue juga pusing.


Kayanya…


Gue juga udah beda kultur?


Yaudah, jadi intinya gue nggak terlalu cina lagi sekarang. Kontradiksi ama mata gue yang nggak bisa melek. Gue jadi ga bisa meet ekspektasi orang-orang soal stereotip yang harusnya muncul di gue.


Ok. Bye.


P.s. Gue bener-bener tiga hari ini lagi baca postingan lama di blog gue, dari jaman gue SMA sampe sekarang. Dan… gue suka banget gimana menggemaskannya gue pas SMP-SMA, pantesan gue sering dibilang tua dulu, padahal kalo dibaca blog gue itu bocah banget. Pemikirannya pun juga bocah banget, dan lucu, tapi gue sok tua banget pas nyampeinnya. Things changed, but I’m still grateful, though.


Salam Roti!

Tidak ada komentar: