Sabtu, 13 Maret 2010

Kenapa IPS Mar?

“Entar SMA 2 masuk apa?”

“IPA lah!!” mayoritas anak angkatan gua semuanya milih IPA. Gua juga jamin, dia orang pasti isi IPA diangket, soal masuk ga masuknya itu, urusan nanti deh.

“Lu sendiri?”

“IPS” dengan bangganya gua jawab.

“Hah? Kenapa IPS? Kok bisa sih?” gua Cuma angkat bahu dengan gaya sombong dan penuh percaya diri ditambah senyum mesem-mesem.

Kenapa IPS? Gua sendiri juga nanya Kediri gua.

Bukan karena, IPS itu nyantai, bukan karena temen gua pada masuk IPS, bukan karena gua ga suka pelajaran IPA, juga bukan karena IPA itu susah.

Menyangkut tujuan gua nanti selesai sekolah mau masuk hukum itu, ngambil 40 persen kenapa gua masuk IPS. 40 persen doank? Yah, sebenernya sih, gua masuk IPS juga buat nantangin.

nantangin apa? Nantangin diri gua sendiri. Sekedar informasi, gua itu muntul banget kalo hafal-hafalan. Dari kelas 9 gua udah AMIT AMIT masuk IPS. Bayangin aja, akun 5 jam!! Geografi! Sejarah!! PKN!! Sosiologi!! Oh me God!! Itu semua pelajaran yang paling.. paling.. paling.. gua BENCI!! Iya paling gua benci!

Nilai gua selalu jelek dibagian itu. Sbenernya sih, gua lagi mau menerapkan teori “Enggak ada satupun hal yang ga bisa dilakuin manusia yang diciptain dengan akal budi kaya gua!” gua mau melakukan penelitian atas teori baru gua itu. Kalo sampe ternyata tuh teori bener, berarti untuk selanjutnya, tuh teori bakalan gua pake terus.

Temen gua bilang “jadi orang tuh jangan terlalu ambisius. Entar jatoh lo! lagian kan, gak semua orang bisa ngelakuin hal yang dilakuin orang laen.” Gua tentang konsep pikiran kaya gitu abis-abisan!! Gua debat!! Gua hantem!! Tapi nyatanya, ga pernah gua buktiin didepan mata dia terang-terangan. Andai gua bilang “gua mau ngalahin si mey2 ah (temen seangkatan gua yang posisinya selalu di juara 1 umum)” tapi nyatanya ga pernah gua buktiin.

Gua gak suka sama cara dia memandang rendah orang laen. Kan gua udah bilang, jangan pernah ngeremehin orang lain! Karena belom tentu, tuh orang seremeh yang lu kira. Itu juga yang mau gua buktiin ke dia, kalo dia emank bener-bener GAK PANTES buat ngeremehin gua. Pada waktunya nanti, jangan harap dia bisa mandang ke bawah waktu liat gua, jangan harap dia bisa ngomong kata-kata ngeremehin kaya gitu lagi didepan gua.

Emang prinsip kita beda. Dia gak percaya, gua bisa ngelakuin ini, tapi gua percaya gua bisa. Masuk IPS bukan berarti waktunya gua nyantai-nyantai, bukan waktunya gua ngikutin arus temen2 yang aneh2 n bengal2. Kaya kata orang. Kata orang.. “Anak IPS mah otaknya dibawah semua. Kalo anak IPA kan pinter2.” Gua benci loh kata-kata kaya gitu. Orang yang berani ngomong kaya gitu, atau brani ngebanding-bandingin anak IPA n IPS, pandangannya sempit n picik. Bisa ngambil kesimpulan kaya gitu. Biasa sih yang ngmg gitu anak IPA.

Anak IPA itu bukannya pinter ya? pinter2 kok dongo sih? Ga usah anak IPA deh, guru2 aja juga nganggep kalo anak IPS itu anak buangan. Kata orang, orang2 sekolahan itu pinter kan? Kok ternyata dongo dongo semua sih, termasuk guru2 yang nganggep kaya gitu. Apa gua doank yang pinter n bisa mikir.

IPA n IPS, itu kan emank 2 jurusan yang dibagi jenisnya, dibagi keahliannya, dibagi kemampuan kita tuh diarah mana. Bukannya dibagi derajatnya. Mana bisa sih ilmu diderajatin? Kenapa orang nganggep IPA derajatnya lebih tinggi dari IPS? Apa perlu gua eja IPA= ilmu pengetahuan ALAM, IPS= ilmu pengetahuan SOSIAL. Liat aja, buntutnya udah beda, yah berarti emank udah beda pelajarannya donk, ilmunya juga beda. Kenapa bisa ada pembagian kasta? Menyakiti kaum2 IPS.

Gua sebagai pendukung IPS penuh, gak mau jelek2in anak IPA, gak bakalan punya sikap kaya anak IPA yang berani ngejelek2in anak IPS, berarti gua sama dongonya donk kaya mereka2 yang jelek2in IPS. Contohnya aja gua, siapa bilang IPS itu gampang? Sampe2 gua nganggep IPS itu tantangan loh! Siapa bilang hafal2an kaya gitu gampang?

“Banyak banget, temen aku yang masuk ipa, tapi kuliahnya hukum tuh.” Nah itu dia! Mereka kan dongo namanya. Kok gak nyambung gitu sih? Masuk ke IPA tapi ujung2nya kuliah hukum. Ngapain dia pusing2 mikirin fisika, kalo ujung2nya tuh ilmu juga gak bakalan kepake?

Gua ga ngeremehin anak IPA yang emank udah punya tujuan “kenapa dia masuk ipa” tapi gua kasian liat anak masuk IPA, sedangkan tujuannya aja gak jelas, tapi masih berani lagi ngehina-hina anak IPS. Duhh kasian deh kauw..

“duh de, kalo lo masuk IPA kan bisa keren. Coba kalo ditanya orang, bangga jawabnya juga.” Statement dari enci gua yang ke2. Wktu itu gua ga bisa ngedebat dia, soalnya emank pas itu tujuan gua belom jelas, akan jadi apa gua nantinya. Jadi gimana gua ngedebat dia? Toh tujuan gua sendiri ga jelas.

“Kalo kamu emank mau hukum, yah kamu masuk IPS aja de, ngapain IPA. Orang yang mikir kaya gitu mah, orang pandangannya sempit lah. Kamu ga usah ikutin kata orang.” Statement dari engko gua yang emank waras n masuk keakal gua.

Oh iya, gua msih inget dulu wktu kecil.. jadi ceritnya temen bokap gua peramal, trus dia ngeramalin keluarga gua, dia bilang “nih ya, anak lo yang ke 3 sama yang ke4 gedenya bakal banyak duit” gua percaya banget loh. Bahkan sampe sekrang tuh kata2 masih terngiang2 dia otak gua. Bukannya gua percaya ramalan, tapi kalo ramalannya bagus bakal gua percaya 100 persen. Tapi kalo kaya ramalan di anak ambar wktu itu, yang gua dibilang males n sebagainya, gua percaya sih gua males. Tapi bukan berarti gua ga bisa jadi rajin kan? Elo setan apaan sih lagian? Ga tau ya, kalo manusia itu bisa berubah.

Sekarang soal temen2 gua, temen2 gua masuk IPA, si enci gua yang ke 2 juga blg “tuh kan! Kamu emank ga malu sama temen2 kamu? Masa temen kamu masuk IPA, kamu masuk IPS?” MALU??? HELOWW!! Ini nih anak juara kelas wktu sekolah? Inikah anak yang selalu dibanggain sama nyokap gua? HAHAHAHA gua ketawain lo! pinter2 tambah dongo lagi.

Mana ada sih kaya gitu? Emank masuk IPS itu sama kaya merkosa anak orang sampe malu? Emank masuk IPS tuh sama kaya nyolong ayem pake malu? Kaga kan! Emank masuk IPS itu dosa? Lagian.. lagian, dia itu kan anak IPS. Kok bisa2nya sih dia ngmg gitu? Lagian, segitunya amat gua ga mau pisah sama temen2 gua sih? Rada lebay ah.. kaya teletubies aja, apa2 musti bareng temen. Temenan sih oke, tapi ga usah sampe segitunya juga lah! Paling Cuma beda berapa kelas lagian. Ngmg2 ada untungnya juga gua misah dari temen2 gua. Kita jadi ga usah tlalu deket, jadinya kan ga keseringan brantem. Gua bisa nyari temen2 baru di IPS, coba kalo sama temen2 gua lagi.. duh eneg2 deh ngeliatin muka dia orang terus!

Kalo diliat sekarang2 sih, gua bener2 udah berusaha banget loh buat nekunin pelajaran IPS gua. Dan tadi siang gua sampe terkena halilintar wktu ngeliat nilai kuis geografi gua

80!!!! Jenk jenk jenk jenk..

“ah mar, 80 doank bangga banget!” oke deh, gua tau, nilai lo emank bagus2 dipelajaran ginian. Tapi lo liat gua! Kelas 8, kuis pertama gua 20, kelas 9 kuis pertama gua 40 (naek sih, tapi itu karna si Eko gurunya). Nilai selanjutnya juga ga beda2 jauh dari nilai pertama. Gua udah keburu ngedon dapet nilai kuis pertama telor kebo begitu. Ulangan aja rata2 nilainya 40 sampe 50. Gua rasanya pengen bikin nasi tumpeng dapet nilai kuis segitu. Ya ampunn!! Kok bisa ya? keren banget!! Rasanya bagaikan mimpi! tapi gua yakin, ini bukan mimpi. soalnya gua belajar bener2 loh!

Seharusnya ini udah cukup buat ngebuktiin. Kalo gua mau PASTI BISA! Ga ada tuh namanya istilah “Duh, gua gak bisa!” akhir2 ini, gua emank udah jarang banget ngeluarin kata2 ga bisa. Kecuali, wktu gua lagi nyuruh si Adrian buat buang sampah, nah baru deh tuh gua bilang “duh drian. Gua GA BISA lagi sibuk. Elo buangin ya?” Kita itu manusia yang diciptain pake akal budi, dan juga derajat yang paling tinggi dibumi ini, masih dibawah Tuhan berapa tingkat sih. Tapi intinya kan, didalem galaksi bima sakti ini, Cuma kita manusia yang derajatnya paling tinggi, jadi.. apa sih yang ga bisa kita lakuin?

5 komentar:

Anonim mengatakan...

yess...!!!
berbanggalah kaum IPS..!! ^^

*naga ankai*

Marisa Roti mengatakan...

bENTUL!!!!!!!!!!!!!!!!!

salam kenal yah buah naga. eh salah. naga ankai maksudnya. abis lucu nama lo.

Anonim mengatakan...

hehe.. tapi buah naga emang enak seh.. ^^

*naga ankai*

HaruRRF mengatakan...

Super setuju!!
dulu gua juga sebenernya awalnya pengen masuk IPA sih -,- itu karena kebawa temen-temen banyak banget yang mau meng-IPA. Tapi pas kelas 11 masuk IPS, gua mulai sadar kalo IPS itu sebenernya asik. Dan pas kelas 12, gua baru ngeh kalo gua nggak salah milih IPS.

dan setuju banget juga kalo IPS itu nggak gampang. Makanya gua juga sering kesel kalo orang bilang "IPA itu bagus soalnya pada bisa ngitung, kalo IPS kan cuma ngafal" hem padahal nggak sepenuhnya hafalan juga kan....

hem maap ya jadi komen panjang XDD

Marisa Roti mengatakan...

haruf: santai aja lagi... gue sih akhir-akhir ini tambah bersyukur aja ada di ips. minimal gue jadi lebih bergaul sama temen-temen. dan sekedar opini gue, anak-anak ipa makin terlihat seperti zombie.

dimana anak ips yang jadi rajin belajar, terlihat progress, anak-anak ipa yang dari sananya udah rajin karena mo ujian malah tambah rajin, makin terlihat men-zombie. dan ips terlihat meng-keren *karena belajar*... muahahahahahaha.. *dikeroyok ipa*