Minggu, 22 September 2024

Turning 30s

Kalau post gue sebelumnya “Welcoming 30s”, now I’m officially turning 30s. And I will close my 20s with this special post.

Journey in 20s, was a roller coaster.

Tapi gue merasa, semua yang udah terjadi dan apa yang gue alami, itu yang bikin gue jadi kayak sekarang. Gue merasa banyak banget hal yang ngubah cara pikir gue, cara komunikasi gue, dan yang paling signifikan adalah bagaimana cara gue konek dengan orang lain.

Gue sangat bersyukur bisa menutup cerita hidup gue di kepala 2, seperti hari ini.

Dan perasaan bersyukur ini nggak akan ada tanpa orang-orang yang akan gue certain di sini hari ini. Jadi post ini special untuk kelen ya ges ya, karena mungkin tanpa kalian, gue nggak akan bisa menyambut umur 30 dengan perasaan senang seperti sekarang. These are my people.

DAN KARENA GUE MASIH OBSESI SAMA MBTI, GUE AKAN KORELASIIN DENGAN MBTI JUGA YA. Jadi post ini sebenernya MBTI part 2. HEHE.

Lidya (ENFJ)

Kenapa gue taruh paling pertama? Karena emang udah stereotip-nya ENFJ jadi cult-leader. And true to her type, an ENFJ that she is, tanpa ibu yang satu ini, circle ini nggak akan pernah terbentuk. Nggak akan ada inisiatif kumpul-kumpul dan quality time kalo nggak ada orang ini yang ngidein. Dan selalu, “Oh iya seru juga, ya.”. Nggak akan ada orang yang insiatif untuk care satu sama lain kalau nggak ada anak ini.

Kalo ini grup isinya gue ama cornel doank, blunder kehidupan ini.

Waktu awal masuk di kantor sekarang, gue ngeliat ada satu orang, ini kok orang-orang tiap ada dia, semua orang ketawa melulu ya. Ribut, heboh. Makin lama gue liat, ini kok satu kantor kenal ya ama dia, dimana-mana namanya disebut. Lalu setelah ngobrol beberapa kali sama doi, gue ngerasa, wah good-vibe ya. Pantes aja temennya banyak, aku mau ah berteman sama dia.

Gue deketin… dia menghindar.

Gue samperin… dia cabut.

Gue ajak ngobrol… didiemin.

Loh kok gini? Dia temenan ama sekantor, kenapa ga mau temenan sama gue sih?

Sebagai orang overthinking, gue merasa ditolak, gue mulai mikir, apa aura gue kurang bagus ya, jadi yang good-vibe nggak mau temenan sama gue.

Belakangan, waktu lagi cerita-cerita, ternyata dia kesal karena gue duduk di meja team-nya dia. Terus karena gue orangnya socially awkward (baru keluar dari lingkungan toxic), gue nggak nyapa, nggak ngajak kenalan, karena takut salah ngomong. Jadi udah ngambil tempat di meja team-nya dia, gue nggak berbaur juga. Aura gue horror lagi.

All is good now.

Lidya adalah salah satu orang, yang gue ngomong sekalimat, dia langsung PAHAM underlying meaning-nya apa. PAHAM sampe A ke Z dia paham maksud gue apa. Dan setiap kali dia nggak setuju, dia akan respon pake cerita, untuk mengcounter pendapat kita tentang dia. Dan gue paham. Oh dia nggak suka diomongin begini. Begitu juga kalau dia lagi nggak suka sama orang, dia akan pake cara yang SANGAT IMPLISIT.

Lidya yang kalo gue lagi mau nyebar gossip, terus gue baru ngomong, “Eh, lu tau ga si ini…”

“Oh… tau.”

Karena tidak ada gossip yang benar-benar baru bagi beliau.

Gosip baru bagi kita, bisa jadi narasumbernya udah bilang langsung sebelumnya.

She’s a true social butterfly, that she got 3 BIRTHDAY SURPRISE this year. BUKAN DARI LINGKUNGAN YANG BERBEDA YA GES YA, TIGA2NYA DARI LINGKUNGAN KANTOR (circle yang berbeda). Gue kayak… orgil..

Btw, so that’s her. Lidya temen yang peka, intuitif dan sangat care sama semua orang. Gue rasanya pengen bikin survey sekantor, ada nggak sih yang nggak suka ama ini orang. ADA NGGAK SIH? ANJIR.

Peka ya.

Nah… biar balance… ada orang kedua…

Cornel (ESTJ)

Hari pertama Cornel masuk kantor duduk di sebelah gue.

Karena dia orang data, gue nanya soal grafik gue. “Eh, gue kalau mau bikin garis ini dibedain di tahun tertentu caranya gimana, sih?”

“Grafik lu ribet, deh. Ini lu nggak bisa ganti ya grafiknya?”

THE AUDACITY.

Karena gue kesel, gue bilang, “Oh jadi lo ga tau ya cara bedain garisnya di grafik gimana?” mode toxic gue tiba-tiba nyala.

That moment onwards, gue bersikap pasif agresif karena gue jadi kesel dan sensi ama ini orang, dateng-dateng kok ngomenin grafik gue, sih? Emang lo ngerti? (BEDEH, SI PALING NGERTI GRAFIK LU MAR)

Literally pasif agresif, kek nih orang bener-bener bikin kesel.

Sampe suatu momen, kita ada team dinner, jadi singkat cerita gue sama Cornel jadi sedivisi, under bapak yang sama. Karena bapak kita lagi dateng ke indo. Nah gue sama Cornel cabut duluan untuk reservasi tempat, adalah momen berdua itu kita akhirnya ngobrol banyak.

Sampe pulang bareng naik kereta. Ternyata Cornel nggak senyebelin yang gue pikir, terus gue ngerasa bersalah udah pasif agresif sama itu anak.

Jadi pas pulang gue bilang, “Eh Nel sorry ya pas awal lu masuk tuh gue sempet agak nyebelin.”

“Hah? Nyebelin gimana?”

“Iya lu komen kan soal grafik gue. Terus gue bete, jadi gue pasif agresif aja.”

“Hah? Kapan lu pasif agresif ya?”

“Loh, yang awal-awal itu kan komen gue nyebelin loh, gue bilang ‘Oh lo nggak ngerti ya grafiknya diapain?’ Itu kan nyebelin, Nel.”

“Hah? Gua nggak inget.”

BANGSAT IF ONLY I KNEW GUA GA MINTA MAAF.

JADI SELAMA INI GUE NGERASA NGGAK ENAK DAN BERSALAH AMA SI KUCRUT, FOR NOTHING GUYS!

Pada saat itu karena baru kenal, respon gue hanya, “Oh, yaudah deh bagus Nel kalo lu ngerasa gitu.”

RASA BERSALAH GUE TUH CUKUP LAMA YA GES YA 3 BULAN ADA KALI. FUDGE.

Karena kita duduk depan-depanan, gue tuh merasa si Cornel ini orangnya sangat peka dan suka mengobservasi segala hal, karena dia tuh suka tiba-tiba angkat kepala dari layar terus ngeliatin orang.

“Wah dia pasti lagi nganalisis orang ini. Observant juga nih anak. Serem sih, mesti hati-hati.”

IF ONLY I KNEW GUYS.

Sebenernya, waktu kita ngobrol berdua itu, Cornel bilang, “Mar gue tuh ada kekurangan. Gue tuh bener-bener parah nggak peka ama sekitar gua, Mar. Kayak kode-kode gitu gua nggak ngerti. Agak parah sih kekurangan gua ini.”

Dalam hati gua, “Ah bohong nggak mungkin separah itu, lah. Mana ada manusia sampe segitunya nggak peka sekitar. Lebay ah si Cornel.”

Dia nggak lebay manteman.

Dia udah ngasih warning upfront dia orangnya gimana, gue mengabaikan warning itu.

Gue mau share salah satu contohnya. Barusan kejadian.

In case ada teman-teman di luar sana yang seperti Cornel, gue deskripsiin dengan detail ya kejadian ini :

1. Cornel DM gue di IG soal jokes bapak-bapak lucu. Gue kira lagi ngeledek gue karena gue baru turning 30s -> jadi gue marah, terus gue sarkas, “lu siapin buat bekal tahun depan” krn doi taun depan 30 juga -> lagi-lagi gue lupa harusnya ga sarkas sama beliau -> terus jawabannya, “Hah, buat apaan tahun depan?”


2. Jadi gue lari ke grup, ngaduin Cornel ke kawan-kawan lainnya.





3. Cornel masih nggak ngerti konteks malah bilang mereka disuruh liat videonya karena gue sedang menggiring opini. OPINI APA YANG DIGIRING??? OPINI YANG GUE GIRING TIDAK BERDASARKAN VIDEONYA.






4. Terus dia marah karena diledek-ledekin. Lidya kirim sticker red flag, kita yang dibilang red flag



5. Eh nggak tau denk dia marah apa enggak.

Iya memang tidak penting guys, tapi ini Cornel core. Kelen harus liat contoh langsungnya.

Beberapa “Hah?” moment di grup WA yang bisa gue abadikan. Ini di grup ya ges ya, belum yang di dunia nyata belum bisa gue abadikan.













Don’t get me wrong.

Ini anak soal kerjaan pinter banget.

PINTER. BANGET.

Dan semua orang admit hal itu. Semua orang segen karena hal itu.

Sangking pinternya, gue nggak berani nanya-nanya soal query ama dia, daripada gue ngerasa goblok mending gue nanya chatgpt, always listening always understanding.

Tapi entah kenapa tiap dia angkat wajah dari layar laptop, semuanya itu hilang.

Apa perlu kita ngomong ama dia pake Bahasa python nggak pake Bahasa manusia?

Sepinter itu anak ini, sampe dia satu-satunya orang di team gue yang gue rasa bisa ngomong head to head sama bapak kita semua (chief something officer – harus gue sebut supaya kebayang ya betapa mighty-nya). If u guys remember, I talked about him in MBTI post, he’s an ISTP. MBTI asides, menurut gue untuk bisa ngomong sama bos gue dengan pemahaman dan pengertian yang sama, LU BUTUH PINTER DULU. Kalo enggak bye. Dia ngomong udah sampe Z lu masih nyangkut di C. Logikanya nyangkut entah dimana.

Dan Cornel satu-satunya orang yang bisa bener-bener nangkep apa yang dimaksud oleh bos gue. Sungguh membaca perbincangan mereka berdua di channel, rasanya kayak ngeliat dua computer lagi ngomong. Tektokan yang seamless sekali… Apa jangan-jangan bos gue di circlenya juga…… Ah.

An ESTJ that she is, dia orangnya sangat goal-driven, pokoknya hari ini harus ngerjain poin ini, ini dan ini, kalo enggak doi bisa stress banget. Sangat reliable dan dependable, orang yang bisa lu percaya untuk dikasih tanggungjawab, di tangan ini orang pasti kelar dengan bener and in a timely manner. Tentu saja, pecinta SOP, thought process, work-flow dan  kalimat favorit kepada kolega-koleganya, “Ini udah kelar belum?”

Citha (prolly ESFJ)

Nah, kenapa Mbak Citha sama Lidya ini bener-bener partner in crime sedari awal. Gue pikir-pikir karena mereka sama-sama protagonis MBTI, bedanya Mbak Citha nginjek bumi, Lidya nginjek batu sun go kong. Ngawang-ngawang (N vs S people).

Waktu awal kenalan dan ngobrol sama mereka semua, gue merasa Mbak Citha ini manusia “paling normal”. Karena selayaknya manusia normal, Mbak Citha bisa diajak ngobrol hal-hal biasa, hal-hal normal. Weekend kemana? Seru nggak? Sama anak jalan kemana? Ih anaknya Mbak Citha belajar coding, keren banget.

NORMAL GITU LOH.

Sampe gue denger dia meeting online di samping gue.

“JADI GINI YA MAS, KITA GA MAU...”

Anjir galak amat.

Pantesan temenannya ama si Lidya ini. Suaranya sama.

Gue pikir ini perasaan gue doank.

Ternyata enggak, gaes. Karena waktu dia ultah, semua orang sepakat beliin dia kue Tous Le Jours yang bentuk macan. Karena, “Mbak Citha kan kayak macan.”

Ok to be fair. Karena Mbak Citha salah satu yang udah berkeluarga, beliau tidak bisa banyak menghabiskan waktu dengan kita para pemudi kesepian ini (SEPERTI AKU CORNEL DAN LIDYA). Dan rumahnya di Pamulang. Jadi setiap hari Mbak Citha ini menghadang bahaya dan tantangan hidup tinggal di Pamulang – kerja di Tebet. Tapi jangan khawatir ges, semua bisa dia tempuh dalam 45 menit, dengan gaya nyetir F1 Lewis Hamilton.

Tapi gue seringkali merasa Mbak Citha ini juga orang yang cukup peka, ada beberapa momen gue nggak suka sama orang, ternyata mbak Citha juga merasakan vibe yang sama. Kadang gue mikir, ada nggak ya momen, Mbak Citha ternyata nggak suka juga ama w?

Tiba-tiba ovt.

Karena gue turning 30s.

Gue mulai dikategoriin jadi generasi Mbak Citha oleh kucrut-kucrut di WA. Apa ini saatnya gue mulai minta dan konsultasi soal kehidupan sama Mbak Citha? Rahasia awet muda misalnya? Karena Lidya sama Mbak Citha suka dikira seumuran. Katanya karena dia sehari-hari nyedot kemudaan Lidya kaya dementor.

Pius (unidentified)

Gue lupa Pius MBTI-nya apa. Tapi berdasarkan analisis gue sendiri (type watching guys), Pius ini ISFJ. Meski dia laki-laki tapi dia sungguh keibuan.

Dia benar-benar laki-laki yang paling kita cintai. Sampe kalo misal kita mau staycation bareng, gue gapapa banget sekamar sama Pius. Tapi keliatannya Pius yang ngga mau sekamar sama gue.

Meski muka dan gayanya kayak tuan tanah BSD, tapi pas ngomong betul-betul sweet dan considerate. Dia bisa diem aja, Nerima hebohnya Lidya ama Mbak Citha yang kalo lagi berantem di kantor bisa dorong-dorongan kursi sampe kantor sebrang.

Pius orangnya tepat waktu, tapi dia nggak marah waktu gue, Lidya sama Hana janjian makan gultik blok M dan kita telat sampe satu setengah jam.

PIUS SINGLE YA GUYS. KALO KALIAN CARI COWO CHINESE YANG UDAH SETTLE FINANCIALLY, SOFT-SPOKEN, PERASA, CONSIDERATE DAN PUNYA TANAH GEDE DI BSD, call me. Nanti kalo cocok kasih gue komisi aja paling berapa.

Uyun (ISTJ? Typewatching)

Kenapa ISTJ? Obviously, Mbak Uyun introvert, nggak suka ngomong yang nggak perlu (perbedaan utama E dan I, E suka ngomong hal-hal yang nggak perlu, I untuk kata keluar dari mulut dia itu mahal banget, harus bener-bener penting, dan anti redundancy). S karena dia ngeladenin halunya si Lidya dengan… “Hhhh yasudahlah temanku memang begini.” Vibe.

T karena gue nggak sense F-based statement dari Mbak Uyun, seringkali malah sebaliknya. Jadi nggak terlihat gampang baper, alih-alih gampang baper dia lebih keliatan gampang kesel HAHAHAHAHA.

J, karena teratur. So there you go, ini tebakan gue, bisa jadi bener, bisa jadi salah.

Intinya, Mbak Uyun ini adalah safe-space untuk kita semua, lebih suka mengamati daripada bereaksi. Dan Lidya sempet beberapa minggu lalu ngerasa down dan depresi banget, waktu ditelusuri ternyata karena Mbak Uyun resign dari kantor tahun lalu untuk fokus ngurus anak.

Mbak Uyun juga salah satu orang yang pendiem, tapi menghanyutkan. Contohnya pas main games, sering banget dia diem tau-tau menang. Nggak tau itu caranya gimana, sementara gue sering blunder.

Hana (INFP?)

Hana merasa dirinya INTP / INTJ? Based on my own typewatching, ngeliat gimana fluktuatif-nya emosi dan mood orang ini, dan betapa baperannya, T is definitely out of the equation.

Dan definitely tidak INTJ, karena GUE PERNAH … janjian untuk dateng ke salah satu event kantor, gue udah siap-siap pagi-pagi naik grabcar, jemput ini anak di kosannya, nunggu setengah jam, dan ini anak nggak keluar-keluar, ternyata belom bangun. Betul-betul kejadian traumatis dalam hidup w, SEBAGAI SEORANG ENTP GUE TRAUMA SAMA ORANG TELAT.

Hana orang yang helpful dan ketika ngerjain sesuatu dia bakal sungguh-sungguh untuk ngebantuin orang lain (awal-awal gue kerja, Hana banyak banget berjasa untuk bantuin gue masalah data, karena saya tidak paham query at all ya ges ya). Hana juga temen yang care sama orang lain, dia cukup peka sama situasi sekitar dan perasaan orang lain.

Sama kayak Cornel yang gue ngerasa pinter banget, si Hana ini pernah scraping data salah satu website, yang bahkan sebelum gue kerja di situ, gue nggak tau data-data website bisa discraping. Dan Hana ngelakuin itu SINGLE-HANDEDLY. Gue kayak.. orgil nih orang, anggota BIN apa gimana?

Shania (ISFJ)

Anak naga (karena lahir di tahun naga). Gue selalu bilang sama dia, anak yang lahir di tahun naga itu spesial.

Pertama kali ketemu Shania, anaknya diem, pas ngobrol ternyata anaknya smart banget. Apalagi setelah tau kalo Shania kelahiran tahun naga, wah anak ini memang blessed. Shionya superior.

I can’t tell you how much I adore Shania… (emot love)

Yang suka bikin kaget, Shania suka ngalamin emotional burst dan nangis di tempat. Untuk orang yang jarang nangis dan canggung banget ngeliat orang nangis, di momen-momen kayak gini gue mendingan diem aja, daripada keluar dari mulut gue hal-hal tidak menyenangkan. Niatnya ngehibur malah ngehujat.

Shania bener-bener sesuai sama stereotip ISFJ-nya. Caring, nurturing, udah kayak guru SD. Dia bener-bener punya vibe nurturing yang sekuat itu, sampe pas Shania nginep di rumah gue, semua anjing gue pengen deket-deket sama dia, sampe mainan dibawa-bawa si Elmo dan ditaruh di kaki Shania.

WOY GUA YANG NGASIH MAKAN LU TIAP HARI LOH. Gila ya. Mana ada si Elmo ngasih-ngasih gue mainan begitu, ke Medi sih iya, ke gue enggak.

Dan Shania nggak suka anjing guys!!!! KOK BISA SIH anjing gue pada kayak gitu.

Segitu care-nya gue sama anak ini, kayaknya kalo Shania punya cowok, mending kita interview dulu deh cowoknya. Kalo red flag, gue gempet ke tembok, berani-berani cowok red-flag deket-deket.

Kenapa Shania nggak sama Pius?

I’ve tried guys, it doesn’t work that way.

Satu lagi quirknya Shania… tasnya kayak kantong Doraemon, gue nggak tau hal ini apa comes with every ISFJ (Pius juga punya tendensi punya segala hal sih di tas, tusuk gigi, minyak angin). Shania bener-bener punya semua dalam tas.

“Aduh ini nggak ada permen ya?”

“Aku ada kak.”

“Nggak enak badan ya, Shan perasaan gue.”

“Oh aku ada minyak kayu putih, kak. Atau tolak angin juga ada, kak.”

“Shan mobil mogok nih.”

“Oh bentar kak, aku ada tambel ban.”

Hehe jayus (wowww tidak heran aku sudah 30 sekarang, Gen Z mungkin tidak tahu apa itu jayus).

Pokoknya gitu ya guys, apapun masalah yang lo hadapin di hidup ini, find yourself an ISFJ, lo akan dapat rasa tenang seolah dunia ini baik-baik saja (kalo mereka lagi nggak toxic).

---

Banyak hal yang terjadi dalam rentang waktu ini, dan bikin gue semakin dewasa. Pada dasarnya lingkungan yang berat, toxic dan pressure tinggi berhasil bikin gue jadi orang yang lebih dewasa, considerate dan lebih belajar connect sama orang. Karena tanpa pengalaman kayak gini, gue akan tetep jadi orang arogan, self-righteous, sotoy dan menyebalkan.

Tapi orang-orang kayak mereka (nama-nama yang gue sebut di atas) yang ngasih unconditional support, open-mindedness, nerima gue apa adanya dan berusaha mengerti satu sama lain, bikin gue sadar, kalo gue punya orang-orang kayak gini di hidup gue, kenapa gue harus settle for less.

Orang-orang toxic yang entah visi hidupnya apa ngurusin dan ngejatuhin orang lain itu seharusnya nggak punya ruang di pikiran dan hati gue, karena mereka betul-betul nggak penting. Nggak signifikan, dan nggak punya dampak apa-apa selain dampak negatif.

In the first place jadi orang toxic aja udah menyedihkan ya ges ya. Karena mereka menghabiskan cukup banyak waktu untuk ngurusin hidup orang lain. Dan itu sedih… Karena kalo dia cukup bahagia dengan hidupnya, dia nggak akan punya waktu untuk jadi orang yang kayak gitu. Jadi, mesti dikasihani. 

(Contohnya gue pas mau toxic ke cornel, itu makan energi gue selama 3 bulan, dan bahkan pergerakan toxic gue bukannya nggak ngaruh lagi, TAPI EMANG NGGAK PERNAH ADA DALAM HIDUP DIA).

Cuman gue memang sering bermasalah sama hal-hal kayak gini karena penyakit ovt gue. Dan gue akhirnya belajar sama kawan-kawan gue ini gimana untuk handle masalah ovt gue ngurusin orang-orang nggak signifikan.

Lidya -> ngapain lu fokusin energi lu ke orang yang nggak akan ada dampaknya juga buat lu? Mending fokusin energi ke tempat lain.

Cornel -> hah? Maksudnya bukan gitu kali, Mar. (POSITIFNYA GAES, tiap kali drama gue mulai keluar, Cornel ini bener-bener orang yang tepat untuk defuse hal itu. Dan beberapa momen, memang bener, emang ini drama dari ovt gue sendiri. Jadi gue bersyukur ada orang yang nggak pernah nyari-nyari underlying meaning dari sikap dan omongan orang lain, A ya A. Ga peduli lo ada maksud laen).

Shania -> aku ada tolak angin kak kalo perasaan lagi nggak enak. (enggak denk, ini anak kan sensitif banget ges)

Satu lagi, waktu gue bilang unconditional support, I mean it. Waktu gue sedih mereka ada dan hibur, waktu gue seneng karena achievement gue, mereka adalah orang-orang yang ikut merayakan.

Punya beberapa temen yang cukup lama dan deket, I tell you, nggak semua temen bisa untuk ini. Terutama untuk merayakan hal yang sedang lu rayakan, ada temen yang nggak bisa lu certain soal achievement lo, karena mereka akan balikin ke dirinya sendiri, dan ngerasa lo lagi nyombong atau minta “feeding ego”. Padahal… ya gue pengen sharing apa hal yang bikin gue happy. That’s it.

Jadi itu kenapa gue merasa mereka spesial sekali.

Kayaknya terakhir gue ngerasain temenan yang sepositif dan sesuportif ini waktu jaman kuliah dulu deh, Imas, Eki?

Peduli setan orang bilang, “Di kantor mah bukan nyari temen.”

Menurut gue bisa ketemu dan temenan sama mereka, betul-betul hal yang paling gue syukuri dalam beberapa tahun belakangan. Karena ini bener-bener pengaruh ke hidup gue secara langsung, bikin gue lebih positif, lebih terbuka, gue sekarang bisa jadi diri gue yang dulu, setelah ngelewatin masa-masa depresif. Jadi kalo lu ngerasa di kantor bukan buat nyari temen, yaudah, you do you. Fyi setengah hidup kita itu ada di kantor, guys.

Sebesar itu dampak mereka di hidup gue, gue akhirnya berani ngambil keputusan-keputusan baru yang nggak akan masuk akal 5 tahun lalu?

Jadi. Ini adalah orang-orang penting yang bikin gue menutup 20s gue dengan penuh sukacita.

Bye!

Tidak ada komentar: